in

Angkat Isu Sosial, Ini Sinopsis Penyalin Cahaya yang Memenangkan Piala Citra

penyalin cahaya
netflix.com

Penyalin Cahaya menjadi perbincangan usai tayang di Netflix pada 13 Januari 2022. Film ini berhasil memenangkan 12 piala citra Festival Film Indonesia 2021 sebelum ditayangkan secara luas.

Dibintangi aktor dan aktris berbakat Tanah Air, Penyalin Cahaya atau Photocopier mengisahkan perjuangan Suryani (Shenina Cinnamon) mengusut pelaku kekerasan seksual.

Kejadian bermula saat Sur menghadiri pesta komunitas teater yang memenangkan kompetisi.

Sur merupakan anggota baru dalam teater tersebut. Ia bertugas untuk mengolah situs teater di kampusnya. Usaha yang dilakukannya menuai kesuksesan besar dan menarik perhatian banyak penonton.

Komunitas teater kemudian merayakan pesta untuk kemenangan tersebut. Sur bersama sahabatnya, Amin (Chicco Kurniawan), yang merupakan tukang fotokopi yang tinggal dan bekerja di kampus, datang menghadiri pesta.

Di pesta, Sur meminum beberapa gelas minuman beralkohol akibat permainan yang dibuat saat acara berlangsung.

Sur pun mulai mabuk dan tak sadarkan diri, sementara Amin pulang terlebih dahulu meninggalkan sahabatnya.

Keesokan harinya, Sur kaget saat mengetahui foto dirinya kala mabuk tersebar di media sosial. Foto-foto tersebut kemudian diketahui oleh dewan pembina beasiswa dan Sur dikeluarkan dari beasiswa karena melanggar aturan.

Konflik semakin bertambah saat Sur diusir dari rumah karena dianggap merusak nama baik keluarga.

Sur kemudian meminta bantuan Amin untuk mencari tahu kejadian sebenarnya di balik foto yang tersebar. Perjuangan Sur mencari fakta tidak berjalan mulus, banyak pihak yang menenantangnya.

Penyalin Cahaya menjadi film panjang pertama garapan sutradara Wregas Bhanuteja. Sebelumnya Wregas Bhanuteja aktif menggarap sejumlah film pendek, sebut saja Senyawa (2012), Lemantun (2014), hingga Prenjak, dan Tak Ada yang Gila di Kota Ini (2019).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Loading…

0